PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

Our News

PT INTI (Persero) Suplai Kebutuhan Internet di IKN, Siap Digeber Saat Upacara 17 Agustus

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on pinterest

Kantor Pusat

Jl. Moch Toha No. 77 Bandung 40253
Telepon : (+62-22) 5201501
Fax : (+62-22) 5202444
Email : info@inti.co.id

PT INTI (Persero) mengeksekusi proyek untuk menggarap infrastruktur Open Network Technology terutama terkait penyediaan teknologi Open Wifi, di Ibu Kota Nusantara (IKN). Aksi strategis ini merupakan kolaborasi ekosistem dengan Telecom Infra Project, Telkom University, Telkomsel, NTT Docomo, Edgecore, PLN Icon Plus, dan International Fiber Alliance untuk mendukung Otoritas Baru Ibu Kota Nusantara (“Otorita IKN”) dalam merealisasikan pembangunan IKN.

Kolaborasi ini akan menggarap pemanfaatan Open Network Technology pada aspek OpenRAN, Open Wifi, dan Open Access dengan porsi tanggung jawab sesuai kapabilitas dan core business masing-masing perusahaan. Adapun inisiatif sinergi ekosistem ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai representasi lembaga pemerintah yang mengatur regulasi terkait telekomunikasi dan informatika, serta Otoritas IKN yang bertindak sebagai sponsor dan evaluator implementasi teknologi tersebut. Infrastruktur berbasis Open Network Technology ini siap digunakan secara penuh pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di IKN, pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

“PT INTI (Persero) sangat antusias untuk dapat berkolaborasi dalam menampilkan potensi transformatif Open Network Technology. Dengan menghadirkan Open Wifi melalui produk kami yang disebut Access Point INTI-AP102AX, kami bermaksud untuk menunjukkan how these innovative solutions can revolutionize connectivity and drive digital transformation across various sectors, terutama di Ibu Kota Nusantara,” ungkap Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara, Jumat (16/08).

Pada sinergi tersebut, PT INTI (Persero) mengambil peranan sebagai penyedia Open Wifi dan telah menginstal perangkat sistem Access Point INTI-AP102AX yang tersebar di empat titik lokasi sebagai berikut:

  1. Gedung HPK Heliconia adalah pusat kantor bersama seluruh instansi pemerintah, OIKN, Badan Siber dan Sandi Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Republik Indonesia.
  2. Kantin 1 adalah pusat istirahat semua pekerja yang berperan di area proyek IKN
  3. Kantin 2 adalah pusat istirahat semua pekerja yang berperan di area proyek IKN.
  4. Rest Area IKN adalah pusat tujuan pengunjung IKN di luar area proyek.

Keterlibatan PT INTI (Persero) dalam mendukung infrastruktur Open Network Technology, terutama terkait penyediaan teknologi Open Wifi pada penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di IKN ini merupakan salah satu representasi komitmen PT INTI (Persero) untuk terus memberikan kontribusi maksimal bagi pembangunan ekonomi nasional, terutama melalui inovasi produk Perseroan.

“Kolaborasi ini menegaskan komitmen kami dalam membangun ekosistem jaringan yang terbuka, fleksibel, dan praktis digunakan untuk memperkuat pemerintahan, industri, komunitas, maupun end user,” ucap Edi Witjara.

Pada kerja sama strategis ini, PT INTI (Persero) bertanggung jawab untuk dapat menyediakan teknologi dan perangkat access point yang telah memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dengan level yang tinggi. Tercatat, perangkat Access Point INTI-AP102AX ini telah memiliki level TKDN dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sebesar 44,57%.

Selanjutnya, Deputy Executive General Manager Commercial Engineering PT INTI (Persero) Herwan Herwansyah ikut menjelaskan, bahwa untuk memudahkan pengunjung dan semua perangkat pemerintahan di IKN, sinergi ekosistem ini telah menyediakan sebuah aplikasi bernama IKNOW. Aplikasi yang dimiliki oleh Otorita IKN inilah yang akan memberikan informasi beragam terkait IKN. Bahkan, pengunjung dan perangkat pemerintahan nantinya bisa mengetahui informasi mengenai titik lokasi Open Wifi yang bisa dijangkau dari titik terdekat pengguna.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendapat informasi layanan kesehatan dan fasilitas, serta rekomendasi berita, objek wisata, dan hiburan di lingkungan IKN. Berikut adalah tautan aplikasi IKNOW yang dapat diunduh,

Tautan Android        : http://ikn.go.id/IKNOW-ANDROID

Tautan iOS                : http://ikn.go.id/IKNOW-IOS

Ke depannya, kemitraan strategis ini dapat memberikan kemajuan yang signifikan pada pembangunan IKN, khususnya pada aspek implementasi akses 5G, konektivitas Wifi, dan solusi infrastruktur berbasis smart city lainnya. (*)